APSI Tugas 1

Tugas 1 APSI


Nama    : Ahmad Hafiz Mahardika
NRP      : 5025201196
Kelas     : APSI E


1. Deskripsi Sistem Informasi

    Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diolah untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan. Komponen dari sistem informasi terdiri dari hardware, software, telekomunikasi, database, serta sumber daya manusia dan prosedur.

2. Tujuan Sistem Informasi

    Tujuan utama dari sistem informasi adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Informasi yang dihasilkan tersebut lah yang akan digunakan oleh perusahaan dalam membantu proses manajemennya. Agar informasi dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga hal, yaitu relevansi, tepat waktu, dan akurasi.

3. Definisikan Stakeholder

    Stakeholder adalah pihak pemangku kepentingan atau beberapa kelompok orang yang memiliki kepentingan di dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh tindakan dari bisnis secara keseluruhan. Secara umum, stakeholder dibagi manjadi stakeholder internal dan eksternal. Contoh dari stakeholder internal adalah owner, pemegang saham, dan karyawan. Sedangkan contoh dari stakeholder eksternal adalah pelanggan, supplier, pemerintah, dan pesaing.

4. User dari Sistem Informasi

    User dari sistem informasi adalah kelompok orang yang berinteraksi dengan sistem informasi. Contohnya adalah manager, karyawan, dan pengembang sistem informasi. Masing-masing user memiliki peran yang berbeda dalam sebuah sistem informasi. Contohnya, manager memiliki peran sebagai pengambil keputusan dan penanggung jawab. Karyawan sebagai penggerak dalam perusahaan. Pengembang sebagai pembuat sistem atau penganalisa sistem yang akan atau telah dibuat.

5. Input dari Sistem Informasi

    Input dari Sistem Informasi yaitu data yang ingin diolah oleh sistem informasi. Contoh dari input dalam sistem informasi adalah data produk, data pengguna, dan lain-lain.

6. Output Sistem Informasi

    Output dari sebuah sistem informasi adalah informasi hasil dari pengolahan data yang didapatkan atau input. Data output dapat berupa chart, graph, dan lain-lain. Output dari sebuah sistem informasi harus akurat dan relevan agar output dapat digunakan oleh user dari Sistem Informasi tersebut.


Referensi :
https://binus.ac.id/malang/2018/10/stakeholder-dan-tanggung-jawab-sosial-perusahaan/#:~:text=Istilah%20yang%20tidak%20asing%20namun,tindakan%20dari%20bisnis%20secara%20keseluruhan.

https://blog.skillacademy.com/definisi-dan-peran-stakeholder#:~:text=Contoh%20stakeholder%20internal%20yaitu%20owner,pelanggan%2C%20pemasok%2C%20dan%20pemerintah.

https://www.researchgate.net/publication/336128431_TUGAS_SISTEM_INFORMASI_MANAJEMEN_PENGGUNA_DAN_PENGEMBANG_SISTEM

http://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Sistem-Informasi-adalah-Kombinasi-Teknologi-dan-Aktivitas-Manusia/371822d2fa85504960f9581cfaeae6e7059bab61#:~:text=Sistem%20informasi%20adalah%20kombinasi%20dari,sumber%20daya%20manusia%20dan%20prosedur.



Comments

Popular posts from this blog